Ini 4 Tips Memilih Cat Besi Bagus yang Wajib Anda Tahu

Cat adalah material pelapis untuk melindungi dan juga memperindah suatu objek. Namun berbeda objeknya berbeda pula cat yang digunakan, misalnya saja cat tembok digunakan untuk tembok, cat kayu digunakan untuk kayu, dan cat besi digunakan untuk besi. Cat besi bagus biasanya memiliki kualitas yang baik pula.

Cat besi adalah cat yang dibuat khusus untuk pengaplikasian pada besi maupun baja, dan cat ini termasuk dalam jenis cat minyak. Teknis kerja dari cat besi adalah saat cat dikuas ke suatu permukaan maka akan terjadi proses pengeringan. Selanjutnya cat akan menguap dan meninggalkan lapisan yang nantinya akan mengering.

Namun tak sembarang memilih cat besi, anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Memilih Merek yang Terbukti Terpercaya

Memilih cat besi dengan merek yang sudah terbukti kualitasnya tentu dapat mendatangkan banyak manfaat, salah satunya dari segi keawetan cat. Jika anda membeli cat dengan harga murah dan kualitasnya tidak bagus justru jauh lebih boros karena cat tidak awet dan mudah mengelupas, maka anda perlu membeli dan mengecat ulang bukan?

  1. Kenali Bahan Dasar Cat

Umumnya cat besi memang berbahan dasar minyak, namun ada pula cat besi dengan bahan lateks hingga akrilik. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk cat besi berbahan dasar minyak, memiliki ketahanan yang cukup baik, tak mudah mengelupas maupun tergores. Untuk cat besi berbahan dasar lateks, memiliki karakteristik tak mudah terbakar dan lebih cepat kering. Lalu untuk cat besi berbahan akrilik, memiliki karakteristik cepat kering, tak mudah luntur dan juga tahan lama.

  1. Pilih Cat yang Antikarat dan Antijamur

Memilih cat yang telah dibekali dengan formula antikarat dan antijamur merupakan hal penting yang harus diperhatikan, karena besi adalah material yang mudah sekali lembap dan berujung pada karat.

Meskipun terdapat cat dasar antikarat yang dapat diaplikasikan sebelum cat besi, namun jauh lebih efektif memilih cat besi yang sudah dilengkapi dengan formula antikarat serta antijamur agar dapat memberikan perlindungan pada material lebih maksimal.

  1. Memilih Warna yang Tepat

Tentunya memilih warna cat yang tepat termasuk dalam hal yang perlu anda perhatikan. Pilih warna cat yang serasi dengan tema atau gaya arsitektur rumah anda. Namun selain untuk mempercantik tampilan dari objek, anda juga harus memperhatikan komposisi cat antara zat antikorosi dengan pigmen pewarna. Mengapa?

Karena terkadang pigmen warna tertentu dapat mengurangi ketahanan cat dalam hal perlindungan pada besi. Untuk itu sebelum membeli, ada baiknya anda bertanya kepada penjual terlebih dahulu daripada menyesal karena hasil akhirnya tak sesuai.

Dijamin Efektif, Begini Cara Mengecat Pagar Besi Berkarat

Besi adalah material yang mudah berkarat, untuk itu jika anda memiliki pagar besi yang berkarat, tentu perlu dilakukan pengecatan ulang. Begini cara mengecat pagar besi berkarat agar kembali mengkilap!

Anda perlu menyiapkan peralatan pelindung seperti masker dan sarung tangan. Lalu anda bisa membersihkan karat pada pagar besi dengan menggunakan amplas atau sikat kawat. Setelah karat sudah bersih, siapkan lap dan beri mineral spirits seperti thinner dan gosokkan pada pagar besi.

Setelah itu, anda bisa mencuci pagar dengan menggunakan air hangat yang telah diberi sabun. Pemberian sabun dilakukan karena ada beberapa cat yang tidak bisa menerima mineral spirits. Setelah itu, bersihkan pagar besi dari sisa sabun dengan menyemprot menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan mendiamkan selama semalaman.

Setelah didiamkan semalaman, saatnya mengecat pagar besi anda. Jika anda menggunakan cat dasar primer yang berfungsi sebagai pelapis antikarat, keringkan terlebih dahulu cat primer selama minimal satu hari, setelah itu barulah anda mengecat dengan cat yang telah anda siapkan. Anda juga bisa melakukan pengecatan dua kali agar hasilnya lebih maksimal.

Nah, itu tadi tips bagaimana memilih cat besi murah yang bisa anda jadikan patokan sebelum memutuskan untuk membeli. Selalu ingat untuk memilih merek yang terpercaya, mengenali bahan dasar cat, memilih cat dengan formula antikarat dan antijamur, serta tak lupa memilih warna yang tepat.