Keunggulan Cat Minyak Bagus Sebagai Media Lukis Maupun Cat Tembok

Seperti yang sudah diketahui dari namanya, cat minyak memanfaatkan media pengikat berupa minyak untuk merekatkan partikel-partikel dari pigmen warna. Bahan yang digunakan untuk mengencerkan cat minyak adalah terpentin yang merupakan jenis pelarut organik. Sekarang ini, sudah banyak cat minyak bagus dengan beragam merk dan harga yang dapat Anda pilih untuk berbagai kebutuhan pengecatan.

Kegunaan Cat Minyak

  • Melapisi tembok

Salah satu media yang dapat dilapisi oleh cat minyak adalah tembok. Penggunaan cat minyak untuk tembok dapat membuat tampilannya menjadi tampak glossy dengan warna yang cemerlang dan tajam. Selain itu, cat minyak banyak dipilih untuk melapisi tembok juga karena kotoran yang menempel akan mudah dihilangkan dengan menggunakan air saja.

  • Melapisi kayu

Kegunaan lain dari cat minyak adalah untuk membuat tampilan kayu menjadi lebih menarik. Seperti halnya pada permukaan tembok, cat minyak juga akan menempel sempurna pada permukaan kayu yang sudah diolah menjadi beragam furniture. Kayu yang diwarnai menggunakan cat minyak akan terlindungi dari jamur dan rayap sehingga furniture Anda lebih tahan lama.

  • Melukis di kanvas

Cat minyak sebagai media lukis memang sudah ada sejak dahulu kala. Anda dapat menggunakan cat minyak untuk melukis suatu objek di atas permukaan kanvas. Lukisan yang dihasilkan dari penggunaan cat minyak memang sangat awet bahkan hingga puluhan tahun. Hanya saja waktu pengerjaan dan pengeringannya cukup memakan waktu yang lama.

  • Melukis di kain

Selain digunakan untuk melukis di atas kanvas, cat minyak juga dapat digunakan di atas kain. Biasanya, penggunaan cat minyak bertujuan untuk mempercantik tampilan kain tersebut agar tidak polosan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikan cat air agar tidak meluber. Sayangnya, lukisan cat minyak murah yang dihasilkan diatas kain lama-lama akan menguning.

Beberapa Keunggulan Cat Minyak

  1. Warna lebih nyata dan tajam

Salah satu hal penting yang diharapkan pembeli dari cat adalah warna yang bagus, dan cat minyak menjanjikan hal tersebut. Baik saat digunakan untuk melapisi tembok maupun melukis, cat minyak menghasilkan warna yang nyata, tajam, dan terang. Selain itu, warnanya pun tidak mudah luntur, dan memberikan kesan mewah karena efek glossy.

Perpaduan warna yang dihasilkan oleh cat minyak pun sangat cantik dan pas. Sehingga tidak mengherankan apabila, lukisan yang dibuat dari cat minyak sangat bagus dan memiliki nilai jual tinggi. Hanya saja, proses pengeringannya membutuhkan waktu lebih lama. Namun hal tersebut justru memberikan efek bagus bagi karena permukaan lukisan akan halus.

  1. Sangat tahan lama

Alasan lain yang membuktikan keunggulan cat minyak adalah ketahanannya yang lama, bahkan hingga berpuluh-puluh tahun. Kualitas dari lukisan pun tetap terjaga dengan baik walaupun sudah puluhan tahun sehingga lukisan selalu terlihat seperti baru. Oleh sebab itu, karya-karya lukisan legendaris seperti Monalisa karya Leonardo Da Vinci masih awet hingga sekarang.

Ketahanan cat minyak bukan hanya pada karya lukis, melainkan juga saat digunakan untuk melapisi tembok dan kayu. Warna yang menempel pada permukaan tembok atau pun kayu akan bertahan lama, bahkan menghindarkan keduanya dari jamur atau noda-noda yang membandel. Tidak mengherankan apabila, cat minyak banyak dipilih untuk mempercantik tampilan tembok atau furniture kayu.

  1. Permukaan mudah dibersihkan

Akan sangat menyebalkan memang apabila permukaan tembok susah dibersihkan dari kotoran sehingga membekas lama. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda melapisi tembok dengan cat minyak. Hal tersebut disebabkan oleh salah satu karakteristik cat minyak yaitu mudah dibersihkan. Jadi, apabila terkotori oleh bekas makanan, lumpur, atau tanah dapat hilang sempurna.

Cara pembersihannya pun sangat mudah. Apabila kotorannya tidak terlalu banyak dan tebal, maka cukup disemprot menggunakan air saja, kemudian dibiarkan hingga benar-benar kering. Namun, apabila kotorannya cukup banyak dan tebal, maka gunakanlah spons yang sudah dilapisi sabun untuk menghilangkannya. Setelah itu, baru dibersihkan ulang dengan air hingga tidak ada kotoran tersisa.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki cat minyak menarik banyak orang untuk menggunakannya baik sebagai media lukis maupun mengecat tembok dan furniture kayu. Hanya saja, Anda harus tahan dengan bau cat minyak yang cukup menyengat, bahkan gas dari cairan pelarutnya dapat menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, tetap harus berhati-hati ketika menggunakan cat minyak untuk apapun itu.