Tips Melapisi Tembok Dengan Cat Minyak Murah Agar Hasilnya Sempurna

Cat minyak memiliki lebih banyak keunggulan apabila diaplikasikan sebagai pelapis tembok. Berbeda dengan cat biasa, tembok yang dilapisi cat minyak akan lebih mengkilap dan mewah. Selain itu, noda bekas kotoran atau lumpur dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan air. Tidak mengherankan apabila cat ini kerap dipilih apalagi banyak pilihan cat minyak murah namun berkualitas.

Tips Mengaplikasikan Cat Minyak Pada Tembok

  • Pastikan permukaan tembok masih bagus

Sebelum melapisi tembok dengan cat minyak, pastikan tembok memiliki permukaan yang rata, tidak terkelupas, tidak ditumbuhi jamur, atau bahkan ditumbuhi lumut. Hal tersebut karena cat minyak akan lebih optimal hasilnya apabila digunakan untuk tembok yang memiliki kondisi baik. Apabila permukaan tembok tidak rata atau terkelupas, maka ratakan kembali dengan amplas.

Apabila permukaan tembok ditumbuhi jamur atau lumut, maka hilangkan terlebih dahulu dengan cara dikerok memakai alat sampai bersih untuk kemudian semprot permukaan menggunakan air. Setelah benar-benar bersih, biarkan hingga permukaan tembok mengering sempurna. Bila perlu, Anda juga dapat menyempurnakan permukaan tembok dengan melapisinya menggunakan warna dasar dari cat biasa.

  • Hindari mengecat saat musim hujan

Agar menjaga cat minyak menempel sempurna, awet, dan tidak mudah rusak maka harus memanfaatkan cuaca panas agar permukaan tembok dapat kering seluruhnya. Oleh sebab itu, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan pengecatan saat musim hujan karena proses pengeringannya tidak akan sempurna. Selain itu, musim hujan juga membawa hawa dingin yang terus menerus.

Hawa dingin tersebut cenderung membuat tembok menjadi lembab, sehingga cat minyak tidak akan menempel dengan baik di permukaannya. Terlebih lagi, apabila cat minyak digunakan untuk melapisi tembok bagian luar ruangan. Maka, sebaiknya proses pengecatan dilakukan saat musim hujan sudah lewat, dan udara sedang panas sehingga permukaan tembok selalu kering.

  • Hindari penggunaan plamir tembok

Selain kondisi tembok yang lembab, faktor lain yang menyebabkan cat minyak tidak menempel sempurna adalah penggunaan plamir. Plamir tembok adalah cairan berwarna putih yang terbuat dari campuran air, lem, dan kalsium. Pada umumnya, plamir digunakan untuk menutupi beberapa kekurangan pada tembok seperti lubang kecil, retakan, dan kerusakan kecil lainnya.

Dengan menggunakan plamir, tembok akan menjadi lebih halus namun tidak cocok dipadukan dengan cat minyak. Plamir pada tembok akan mengurangi daya rekat dari cat minyak sehingga tidak akan menempel dengan sempurna. Selain itu, warna dari cat minyak juga tidak akan keluar sepenuhnya. Oleh sebab itu, hindari penggunaan plamir untuk menghaluskan tembok.

  • Gunakan roller untuk mengecat

Tips selanjutnya adalah berhubungan dengan proses pengecatannya. Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam memilih peralatan untuk mengaplikasikan cat minyak, namun untuk mempermudah sebaiknya gunakan paint roller atau kuas rol. Kelebihan menggunakan kuas rol yaitu menghasilkan warna cat murah berkualitas yang lebih merata di permukaan tembok. Selain itu, tembok akan terlihat lebih rapi.

Selain menggunakan kuas rol, Anda pun dapat mengkombinasikannya dengan kuas cat biasa. Kuas tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengaplikasikan cat minyak pada beberapa sudut tembok yang sulit terjangkau oleh kuas rol. Dengan begitu, seluruh permukaan tembok akan terlapisi secara merata dan rapi. Setelah selesai, jangan dulu disentuh dan biarkan hingga kering.

  • Lakukan tahap finishing dengan baik

Mengecat adalah proses yang perlu ketelitian dan kerapian karena hasilnya akan mempengaruhi tampilan tembok. Oleh sebab itu, selalu sediakan waktu untuk meninjau ulang hasil pengecatan sebelum dibiarkan kering. Pastikan semua permukaan sudah terlapisi dengan cat minyak dengan warna yang merata. Apabila masih ditemukan kekurangan, maka segera sempurnakan dengan hati-hati.

Apabila jiwa seni Anda tergugah untuk menorehkan gambar pada permukaan tembok, maka tunggu sampai lapisan cat minyak benar-benar kering. Baru setelah itu, Anda dapat berkreasi semaunya dengan cat minyak. Setelah semua proses selesai, maka lakukan pembersihan terakhir untuk menyingkirkan debu. Pembersihan dapat dilakukan dengan kain atau spons yang masih bersih.

Keunggulan yang dimiliki cat minyak dari segi warna yang lebih menyala maupun ketahanan yang cukup lama menjadi alasan mengapa cat minyak digemari. Berbagai merk cat minyak dapat Anda pilih dari mulai cat minyak murah hingga cat minyak yang lebih mahal. Tentu saja kualitasnya berbeda tergantung harga. Namun, lebih memudahkan untuk menyesuaikan dengan budget.