Tips Memilih Cat Tembok Exterior

Cat tembok luar rumah harus dipilih dengan hati-hati. Tidak seperti cat tembok dalam rumah, cat tembok di bagian luar rumah dapat mempengaruhi keindahan seluruh penampilan rumah anda. Sehingga hal ini sering kali menjadi tekanan yang berat bagi pemilik rumah. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan jika dikaitkan dengan pemilihan warna cat tembok di bagian luar rumah misalnya landscape, warna genteng, komponen seperti jalan, pagar dan masih banyak lagi. Bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menentukan warna cat luar rumah, berikut ini ada beberapa tips yang baik yang bisa anda ikuti dalam menentukan warna yang sesuai dengan style anda dan juga lingkungan rumah.

1. Rencanakan pemilihan dengan menyesuaikan elemen yang sulit digantiPada saat anda akan melakukan renovasi sebagian, ada bagian-bagian yang tidak akan anda ubah. Mulai dari atap, keramik depan rumah, jalanan dari batuan, dan juga jalanan lain yang ada di rumah anda. Semuanya tidak akan anda ganti bukan? Oleh karena itu pemilihan warna dari cat tembok harus disesuaikan dengan hal-hal tersebut. Perhatikan warna yang dapat menjembatani keduanya yaitu dengan menggunakan warna yang hangat seperti khaki, cream, coklat atau hitam. Pertimbangkanlah unsur warna yang dapat mengikat alemen yang tetap agar kondisi luar rumah tetap nampak harmonis.

2. Perhatikan arsitektur rumah dan juga eranyaCat tembok luar rumah harus dipilih sesauai dengan era dari gaya arsitektur rumah. Misalnya anda memiliki rumah dengan gaya jawa kuno atau dengan mode minimalis semuanya harus disesuaikan. Bayangkan saja jika sebuah rumah minimalis atau rumah kuno anda warnai dengan warna kuning menyala atau warna lainnya yang kurang sesuai dengan tema dan gaya arsitektur yang ada dirumah anda, hal ini akan mengganggu pandangan bukan?

3. Pikirkan efek visual yang anda inginkanTips memilih cat tembok luar rumah selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemandangan di sekitar rumah tersebut, mulai dari jalanan hingga pepohonan yang ada di sekitar rumah anda. Anda bisa melihatnya dari kejauhan dan memilikirkan efek apa yang anda ingin lihat dari paduan rumah anda dengan lingkungannya. Misal anda memiliki rumah yang dikelilingi pepohonan yang rimbun anda bisa memilih warna yang lebih terang sehingga rumah anda lebih terlihat menonjol.

4. Pilih 3 atau lebih shade warna yang anda inginkanPada dasarnya bagian luar rumah memiliki 3 bagian utama yaitu warna yang mendominasi, warna aksen untuk aksesoris seperti pintu dan jendela dan warna minimalis yang digunakan untuk bagian-bagian rumah yang lebih kecil. Idealnya warna terakhir atau warna untuk area yang sangat kecil tersebut memiliki kontras warna yang lebih kuat daripada warna cat tembok luar rumah yang mendominasi.